Fungsi tulang pergelangan kaki adalah memberikan dukungan pada pergerakan kaki sehingga merupakan hal yang berdampak besar terhadap mobilitas seseorang sehari – hari. Dengan besarnya dampak yang diberikan oleh tulang pergelangan kaki, mari ketahui bagaimana cara menjaga pergelangan kaki.

Apa itu Pergelangan Kaki 

Pergelangan kaki merupakan bagian kaki yang tersambung dari tungkai bawah ke kaki. Pergelangan kaki terbagi menjadi 3 bagian, yakni tulang kering, tulang betis dan tulang tumit yang tersambung oleh ligamen untuk membentuk persendian. 

Dalam pergelangan kaki sendiri, tulang pergelangan kaki berjumlah 28 buah tulang dan lebih dari 30 sendi. Tulang dan sendi tersebut bekerja agar gerakan bisa rentang dan luas. Ligamen berfungsi untuk menghubungkan tulang – tulang yang ada di pergelangan kaki dan menjaga persendian di tempatnya. Otot dan tendon bekerja sebagai dukungan sendi dan gerakan kaki. 

Struktur Tulang Pergelangan Kaki 

Pergelangan kaki terbagi menjadi 3 bagian tulang yang berfungsi menjadi satu. Yuk, ketahui penjelasan dari struktur tulang pergelangan kaki di bawah ini.

Tulang tibia merupakan tulang kering, sebuah tulang yang panjang dan besar yang berperan sebagai penghubung antara pergelangan kaki dan sendi lutut. Tulang tibia berfungsi untuk menerima berat badan tubuh.

Tulang fibula berbentuk panjang dan ramping dan berada sedikit di bawah tulang tibia. Fungsi dari tulang fibula adalah memberikan stabilitas pada kaki bagian bawah dan pengingikat yang meningkatkan jangkauan pergelangan kaki. 

Tulang talus sering disebut tulang pergelangan kaki karena berada di bagian atas. Fungsi dari tulang talus adalah sebagai alas tulang tibia yang berfungsi untuk menopang berat tubuh. 

Apa Fungsi Tulang Pergelangan Kaki 

Peran dari tulang pergelangan kaki adalah mendukung pergerakan kaki untuk mobilitas sehari – hari, karena itu tulang pergelangan kaki memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Yuk, ketahui penjelasannya di bawah ini.

  • Mendukung Pergerakan Kaki

Fungsi tulang pergelangan kaki yang utama adalah agar kaki bisa bergerak kesegala arah, baik ke atas atau ke bawah, arah dalam, maupun luar. Struktur dari pergelangan kaki terdiri tulang, ligamen dan otot yang bekerja sama agar bisa melakukan gerakan, seperti berjalan, berlari, melompat atau menendang.

  • Menopang Berat Badan Tubuh 

Selain mendukung pergerakan kaki, apa fungsi tulang pergelangan kaki? Tulang pergelangan kaki tidak hanya membantu kaki bergerak, tapi juga sebagai tumpuan berat badan tubuh. Terutama tulang kering dengan peran terbesar menopang berat badan tubuh.

  • Membantu Dengan Stabilitas Tubuh saat Bergerak 

Menjaga kesehatan dari pergelangan kaki sangat penting karena fungsi tulang pergelangan kaki untuk mendukung stabilitas tubuh saat beraktivitas dan bergerak. Tidak hanya tulang, tetapi juga otot dan tulang kaki lainnya, tulang pergelangan kaki mempermudah kaki untuk bergerak dan mencegah potensi terjatuh dan terluka.

Apa Saja Masalah di Pergelangan Kaki

Meski inginnya selalu sehat, pergelangan kaki bisa juga mengalami masalah selain terkena cedera, yakni:

Arthritis terjadi ketika peradangan sendi terjadi lebih dari satu secara bersamaan. Berikut ini adalah beberapa jenis dari kondisi arthritis dan penjelasannya. 

Terjadinya rheumatoid arthritis adalah sel imun yang menyerang jaringan sendi termasuk dengan sendi di pergelangan kaki.

Terjadinya gout arthritis dikarenakan oleh asam urat dimana penumpukan kristal asam urat menyebabkan terjadinya peradangan sendi.

Peradangan sendi akibat septic arthritis terjadi akibat adanya infeksi kuman pada persambungan antara tulang, tulang – tulang sendi juga bisa terkena infeksi ini.

Terjadinya keseleo pada pergelangan kaki disebabkan karena adanya kerusakan jaringan pendukung pada tulang pergelangan kaki, seperti pada ligamen, jaringan penghubung otot atau pada tendon.

Tendon achilles merupakan tendon yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit. Ini merupakan tendon terbesar dalam tubuh manusia dan berfungsi untuk menahan tekanan akibat berjalan, berlari, melompat dan kegiatan fisik lainnya. Namun, jika tendon achilles terjadi terlalu sering menerima tekanan akibat pemakaian berlebihan, aus dan akibat faktor umur, tendon bisa meradang. 

Bunion kaki menyebabkan timbulnya benjolan tulang yang menyebabkan rasa nyeri pada daerah ibu jari. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan struktur tulang yang normal, sehingga terjadi kelainan bentuk. 

Menggunakan sepatu sempit bisa meningkatkan tekanan pada ibu jari, sehingga kondisi semakin parah dan bunion bisa membesar. Bunion yang sering terjadi, bisa menyebabkan kesulitan untuk berjalan. Selain menggunakan sepatu sempit, faktor risiko terjadinya bunion adalah riwayat kesehatan keluarga yang memiliki rheumatoid arthritis

Ini merupakan peradangan yang terjadi pada ligamen dan pada umumnya terjadi akibat nyeri tumit. Plantar fasciitis umum terjadi pada pelari, orang – orang dengan lengkungan kaki yang tinggi, berat badan berlebih dan senang memakai sepatu sempit. Jika rasa tegang terjadi secara berulang maka bisa menyebabkan robekan yang bisa menimbulkan bengkak dan rasa nyeri. 

Fraktur merupakan kondisi dimana kesatuan dari jaringan tulang terputus. Fraktur bisa terjadi dalam bentuk retakan kecil hingga situasi dimana tulang yang benar – benar patah. Terjadinya fraktur bisa menyebabkan kesulitan menanggung beban pada kaki yang cedera, sehingga tidak bisa menstabilkan tubuh. 

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga dan 10 Gerakannya!

Penyebab Terjadinya Masalah di Pergelangan Kaki 

Masalah pada fungsi tulang pergelangan kaki bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor tertentu, seperti:

Cedera atau trauma yang terjadi karena melakukan kegiatan seperti berolahraga atau mengangkat beban berlebihan. Selain itu bisa juga trauma terjadi karena kecelakaan seperti, jatuh saat berlari atau jatuh dari tangga. Hal ini bisa disertai dengan bengkak atau otot yang terkilir.

Terlahir dengan masalah pergelangan kaki juga bisa terjadi. Contoh dari masalah pergelangan kaki tersebut bisa jadi kaki yang bengkok, atau dikenal sebagai cavus foot dimana lengkungan kaki lebih tinggi dan jari – jari menekuk dan telapak kaki bengkok. Namun, kondisi ini jarang terjadi. Masalah pergelangan kaki yang lebih umum adalah kaki yang datar dimana tidak ada lengkungan pada kaki saat seseorang berdiri.

Pengobatan pergelangan kaki yang tidak selesai juga bisa menyebabkan timbulnya masalah pada pergelangan kaki. Contohnya, apabila seseorang terkilir dan tidak pernah diobati hingga terasa lebih baik, maka bisa menyebabkan timbulnya masalah yang lebih parah, seperti pergelangan kaki lateral kronis.

Baca Juga: Patah Tulang, Ini 6 Cara Ampuh Mencegahnya!

Apa yang Harus Dilakukan untuk Memperkuat Pergelangan Kaki 

Untuk mencegah terjadinya masalah fungsi pergelangan kaki, pastikan untuk melatih pergelangan kaki agar semakin kuat. Berikut ini adalah latihan yang bisa dilakukan untuk memperkuat pergelangan kaki:

Latihan ini sederhana dan hanya memerlukan handuk. Berikut ini adalah tahapan dari melakukan towel stretch:

  1. Lakukan sambil duduk di lantai. Posisikan tubuh dengan menekuk lutut sedikit dan gunakan handuk untuk melingkari ujung kaki. 
  2. Secara perlahan, tarik handuk hingga merasakan tegangan pada betis dan tumit.
  3. Tahan posisi selama 30 dan pelaskan selama 30 detik.
  4. Lakukan latihan ini 6 kali sehari per kaki. Paling bagus dilakukan setelah latihan atau sehabis beraktivitas.

Calf raise berguna untuk meregangkan otot – otot dan pergelangan kaki. Ketahui langkah – langkahnya di bawah ini:

  1. Berdiri tegak dan pegang sandaran kursi untuk digunakan sebagai tumpuan. 
  2. Pada kaki kiri, angkat tumi dan dorong ke atas dengan jari – jari kaki.
  3. Angkat kaki kanan hingga menggantung ke belakang di atas permukaan lantai.
  4. Turunkan kedua kaki.
  5. Ganti dengan kaki satunya lagi.
  6. Lakukan gerakan ini beberapa kali. 

Standing heel raises bisa menguatkan pergelangan kaki. Berikut ini adalah langkah – langkahnya:

  1. Berdiri tegak dan gunakan sandaran kursi untuk pegangan.
  2. Lebarkan kaki lebih dari bahu.
  3. Angkat satu tumit dan tahan jari – jari kaki di lantai sebelum diturunkan secara perlahan.
  4. Ulangi ke tumit satunya.

Bola golf bisa digunakan untuk menguatkan pergelangan kaki, loh. Yuk, ketahui bagaimana caranya:

  1. Duduk di kursi dengan bola golf di lantai.
  2. Gulingkan bola golf menggunakan telapak kaki selama satu menit, ke depan dan ke belakang.
  3. Ulangi ke kaki satunya.

Tingkatkan keseimbangan diri agar mencegah terjadinya risiko pergelangan kaki. Stand on one foot bisa menguatkan pergelangan kaki dan meningkatkan keseimbangan tubuh:

  1. Berdiri tegak dan pegang sandaran kursi.
  2. Angkat satu kaki dan tahan selama 30 detik hingga semampu kekuatan masing – masing.
  3. Lakukan ke kaki satunya. 

Itu lah fungsi tulang pergelangan kaki dan masalah yang bisa terjadi. Pastikan untuk mencegah masalah tersebut terjadi dengan menguatkan pergelangan kaki menggunakan latihan di atas.


Source link

Comments are disabled.