[ad_1]

IRI hati merupakan penyakit yang merusak diri. Ada beberapa jenis iri hati yang buruk dan harus dihindari. Apa saja jenis iri hati tersebut?

Iri hati adalah sifat manusia yang membenci ketika orang lain mendapatkan sesuatu yang melebihi darinya.

BACA JUGA: 5 Tips Hilangkan Sifat Iri Hati

Berikut jenis iri hati yang buruk tersebut:

  1. Iri hati yang berusaha menghilangkan kenikmatan yang diperoleh orang lain dengan perbuatan buruk, baik melalui perkataan maupun perbuatan.
  2. Iri hati yang berusaha mendapatkan kenikmatan orang lain tersebut untuk kepentingan dirinya sendiri.
  3. Iri hati yang berupaya hanya untuk mencabut kenikmatan yang diterima orang lain tanpa ada keinginan untuk mendapatkannya. Jenis yang ketiga inilah iri hati yang paling buruk dan berbahaya.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Jauhilah hasad (iri), karena dapat memakan kabaikan seperti api memakan kayu bakar.” (HR Muslim)

Rasulullah ﷺ juga mengingatkan kepada umatnya untuk tidak saling menghina, saling menzalimi, saling membohongi, dan saling merendahkan. Nabi ﷺ menyampaikan bahwa setiap Muslim itu bersaudara. Dan, terhadap Muslim lainnya itu haram dan terjaga darah, harta dan kehormatannya.

BACA JUGA: Empat Obat Iri Hati

Rasulullah ﷺ bersabda, “Takwa itu letaknya di sini (sambil menunjuk ke dada beliau sebanyak tiga kali). Dan cukuplah seseorang dalam kejelekan selama dia merendahkan saudaranya sesama Muslim.”

Maka dari itu, iri hati, apapun jenisnya, haruslah dihindari. []

SUMBER: IHRAM

 

[ad_2]

Source link

Comments are disabled.