[ad_1]

6 Keutamaan Sedekah, Mulai dari Diberikan Ketenangan Hati sampai Diberikan Pintu Syurga Khusus

ADA begitu banyak keutamaan sedekah.

Ibadah sedekah atau shadaqah ialah menunaikan atau menginfakan harta di jalan Allah. Akan tetapi, aktivitas ini bukan hanya semata-mata menginfakan harta di jalan Allah atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin, tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya.

Menurut KBBI pengertian sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, diluar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Pengertian secara umum sedekah adalah mengamalkan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai kebenaran iman seseorang. Istilah lain sedekah adalah derma dan donasi.

Sebagimana dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 245 yang artinya, “Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.”

BACA JUGA: Inilah 4 Keutamaan Membaca Shalawat Nabi yang Wajib Muslim Ketahui

Ayat tersebut menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah SWT. Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Adapun keutamaan bersedekah sebagai berikut:

1. Keutamaan sedekah: Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

hukum islam, keutamaan ibadah sedekah
ilustrasi, foto: pexels

Keutamaan ibadah sedekah tentunya akan mendatangkan pahala yang begitu besar. Bersedekah merupakan tindakan yang mulia dan sangat dihargai oleh Allah SWT. Imbalan bersedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala. Setelah melakukan sedekah, pahala yang sudah kamu miliki akan dilipatgandakan.

Pahala yang didapat akan lebih besar lagi jika sedekah yang dilakukan benar-benar murni dari hati, tanpa ingin diketahui oleh orang lain sama sekali. Jadi, tidak ada unsur ria atau ingin menyombongkan harta yang disedekahkan.

2. Keutamaan sedekah: Mendapatkan jaminan di hari akhir

Orang-orang yang bersedekah merupakan orang yang masuk ke dalam golongan yang akan mendapatkan naungan di hari akhir. Maksud dari pernyataan ini adalah ketika hari akhir datang dan tidak ada yang bisa melindungi dari panasnya matahari, orang yang melakukan sedekah dengan ikhlas sepanjang hidupnya akan berada di bawah naungan yang menyejukkan.

Hal ini bisa didapatkan jika kamu bersedekah tanpa pamrih atau ria, benar-benar tulus karena ingin membantu sesama dan juga karena Allah SWT.

BACA JUGA: Sahabat Muslim, Inilah 5 Keutamaan Surah Al Ikhlas yang Harus Diketahui

3. Keutamaan sedekah: Terbebas dari siksa kubur

keutamaan ibadah sedekah
Ilustrasi, foto: unsplash

Ketika sudah berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, terdapat pertanyaan perihal duniawi yang harus kamu pertanggungjawabkan. Jika banyak melakukan hal yang dilanggar oleh Allah SWT dan tidak pernah berbuat baik, terdapat siksa kubur untuk membersihkan dosa-dosa di dunia.

Pada saat ini sedang berlangsung, sedekah yang pernah dan sering kamu lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Seperti apa yang Rasulullah ﷺ katakan dalam HR Thabrani, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.”

4. Keutamaan sedekah: Menyucikan diri

keutamaan ibadah sedekah
ilustrasi, foto: unsplash

Dengan menyedekahkan harta yang dimiliki, dosa-dosa orang yang bersedekah akan dihapuskan. Hal ini tentu saja dapat dituai jika dilakukan bersamaan dengan taubat atas dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Lakukan kewajiban yang harus diikuti dan hindari larangan-Nya, maka kamu akan terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala.

BACA JUGA: Inilah 6 Keutamaan Ibadah Zakat yang Jarang Diketahui

5. Keutamaan sedekah: Memberi ketenangan hati

Sedekah dapat menciptakan ketenangan hati. Ketika bersedekah, pasti akan muncul rasa senang karena telah memberi kepada mereka yang membutuhkan. Setelah itu, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama.

6. Keutamaan sedekah: Diberikan pintu surga yang khusus

Berdasarkan HR Bukhari dan Muslim. “Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, dia dipanggil dari pintu shalat. Yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika dia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah.”

Nah itulah enam keutamaan ibadah sedekah. Semoga dengan mengetahui keutamaan-Nya, kita semakin rajin untuk bersedekah. []

SUMBER: WAN | TOKOPEDIA | BSMU

 

 

 

 

 

 

 

 

6 Keutamaan Sedekah, Mulai dari Diberikan Ketenangan Hati sampai Diberikan Pintu Syurga Khusus

[ad_2]

Source link

Comments are disabled.