Gaya Hidup

7 Makanan Sehat dan Bergizi Saat Nafsu Makan Berkurang

Makanan merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi kita. Hal ini agar menjaga kesehatan tubuh sebagai salah satu upaya pencegahan kita jatuh sakit.

Namun, apabila kita sudah jatuh sakit, makanan berperan banyak dalam proses pemulihan dengan memberikan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh, hanya saja saat jatuh sakit biasanya nafsu makan berkurang dan menyebabkan makan lebih sedikit.

Saat nafsu makan turun, inilah beberapa makanan sehat dan bergizi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mempercepat proses pemulihan saat sakit!

Sup Ayam

Saat sakit dan badan merasa tidak enak, sup merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Saat nafsu makan turun dan sulit rasanya untuk mencerna makanan, dengan sup tidak hanya gampang untuk dicerna tetapi juga tetap memenuhi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh selama masa pemulihan.

Sup ayam dipenuhi oleh kalori, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh saat sedang sakit. Kandungan air dan elektrolit pada sup ayam sangat bermanfaat karena bisa mencegah dehidrasi dan menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang.

Madu

Sejak dulu madu sering digunakan sebagai bahan masakan dan obat herbal untuk berbagai penyakit. Madu memiliki sifat antibakteri yang cukup kuat, karena itu madu sangat bagus untuk dikonsumsi saat sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain itu madu juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun dengan cara meminum satu sendok the madu atau bisa juga dilarutkan di air hangat, teh atau susu hangat.

Oatmeal

Apabila terkena penyakit pencernaan, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak berasa atau tawar. Jangan salah, meski oatmeal adalah satu jenis makanan tawar, tetapi didalamnya mengandung cukup banyak kalori, vitamin dan mineral lho. Bahkan diketahui bahwa oatmeal mengandung vitamin D yang cukup tinggi hingga bisa memenui 17% kebutuhan vitamin D harian atau 130 IU. Karena kandungan tersebut oatmeal merupakan salah satu makanan yang bagus saat masa pemulihan.

Pisang

Pisang tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan karena bisa membuat kenyang lebih lama tetapi juga bagus untuk saat sedang sakit. Ini karena saat sakit, gampang untuk nafsu makan berkurang jadi dengan mengonsumsi pisang, meski makan tidak banyak tetapi akan tetap kenyang, kebutuhan kalori, karbohidrat dan vitamin tetap terpenuhi.

Pisang juga bagus untuk penyakit pencernaan seperti diare. Mengonsumsi pisang saat terkena diare bagus karena serat yang ada pada pisang. Serat ini akan membantu untuk memadatkan feses dan mengurangi gejala diare lainnya. Selain bagus untuk membantu diare, pisang juga bisa dijadikan makanan pengganti apabila makanan lainnya membuat perut terasa tidak nyaman lho! Pisang juga memiliki banyak manfaat lainnya, yuk ketahui segudang manfaat pisang untuk kesehatan.

Yogurt

Yogurt merupakan produk susu yang sangat baik dikonsumsi saat sakit karena meski tidak padat dan bukan merupakan makanan berat, kalori dan kandungan gizi yang ada pada yogurt bisa memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan untuk tubuh selama masa pemulihan. Hal ini sangat bermanfaat apalagi jika nafsu makan turun jadi meski tidak mengonsumsi banyak, kandungan gizi tetap terpenuhi. 

Selain memenuhi kebutuhan gizi dan kalori, yogurt sangat bagus saat masa pemulihan karena mengandung probiotik. Di dalam probiotik ada bakteri baik yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun serta bisa membantu untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. 

Buah Berry

Buah berry termasuk buah-buahan terbaik untuk dikonsumsi saat sakit karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan fungsi imun. Dari jenis-jenis buah berry, yang berwarna gelap seperti blackberry dan blueberry mengandung antioksidan lho! Antosianin dan flavonoid yang ada pada buah berry yang berwarna gelap merupakan antioksidan yang kuat, dan kedua zat tersebut sudah terbukti ampuh untuk melindungi sistem pernapasan dari bakteri dan virus penyebab pilek.

Sayuran Hijau

Ada banyak vitamin dan mineral pada sayuran hijau yang bisa mempercepat proses pemulihan karena itu bagus untuk orang sakit mengonsumsi sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi saat sakit adalah bayam, kangkung, dan selada. Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, sayuran hijau kaya akan antioksidan yang bisa membantu untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Nah sudah tahu kan makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi saat sakit? Namun, jangan mengonsumsi makanan bergizi hanya saat sakit ya! Pastikan untuk makan makanan bergizi untuk memperkuat imunitas tubuh dan untuk mencegah jatuh sakit. Rutin konsumsi vitamin, buah-buahan dan sayur serta jangan lupa untuk berolahraga juga ya!