Two Children Standing Near Concrete Fence

Rasullahﷺ banyak mengajarkan kita untuk berdoa, termasuk doa agar anak tidak rewel.

Doa agar anak tidak rewel

Doa agar anak tidak rewel yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ ini terdapat dalam hadits yang dikutip Imam Sayyid Ustman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar dari Ibnu ‘Abbas.

 كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ» ثُمَّ يَقُولُ: كَانَ أَبُوكُمْ يُعَوِّذُ بِهِمَا إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Al-Hasan dan Al-Husain (dengan berkata) ‘U’iidzuka bikalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.’’ Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya ayah kalian (Nabi Ibrahim) memohonkan perlindungan dengan kalimat itu untuk Isma’il dan Ishaq” (HR Abu Daud)

 

Doa yang dimaksud di atas sebagai berikut:

“U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.”

“Aku berlindung pada-Mu dengan untaian-untaian kata Allah yang sempurna dari setiap setan, hewan mematikan yang berkeliaran pada malam hari, dan pandangan mata yang penuh iri dan dengki.”

Doa agar anak tidak rewel

Selanjutnya, dalam kitab Majmu’ah Ahzab wa Awrad Al-Syaikh Al-Akbar Ibnu Arabi disebutkan juga wirid atau doa jika ada bayi atau anak yang sering menangis atau rewel.  Wirid agar anak tidak rewel dan sering menangis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم أَفَمِنْ هَذَا الْحَدِيثِ تَعْجَبُونَ وَتَضْحَكُونَ وَلا تَبْكُونَ وَأَنْتُمْ سَامِدُونَ فَأَسْكِنِّيْ اَيَّتُهَا اْلمَنْفُوْخَةُ وَاخْرِجْنِيْ كَمَا خَرَجَ يُوْنُسَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مِنْ بَطْنِ اْلحُوْتِ

“Bismillaahir rohmaanir rohiim. Afamin haadzal hadiitsi ta’jabuun, wa tadh-hakuuna wa laa tabkunn wa antum saamidunn, fa askinnii ayyatuhal manfuukhoh, wa akhrijnii kamaa khoroja yuunusa ‘alaihis salaamu min bathnil huuti.”

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Maka apakah kalian merasa heran terhadap pemberitaan ini, dan kalian menertawakan dan kalian tidak menangis? Sedangkan kalian melengahkannya. Maka tenangkanlah aku wahai orang yang ditiup, dan keluarkan aku sebagaimana Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu.”

Doa agar anak tidak rewel

Ibnu Asakir dalam Kitab Tarikh Dimasyq dari Ali karamallahu wajhah, diriwayatkan Malaikat Jibril pernah mengajarkan doa kepada Rasulullah ﷺ ketika Hasan dan Husain terkena penyakit ‘Ain atau rewel tanpa sebab. Berikut Doanya:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ ذَا الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ذَا الوجهِ الْكَرِيْمِ وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِنَا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Allohumma dzas Sulthoonil ‘Adziim, dzal Mannil Qodiim, Dzal wajhil Kariim, waliyyil Kalimaatit Tammah wad Da’awaatil Mustajaabaati ‘Aafinaa min Anfusil Jinni wa A’yunil insi.

“Ya Allah, Dzat Yang memiliki kekuasaan yang agung, Dzat Yang memiliki anugerah yang terdahulu, Dzat Yang memiliki wajah (jalan) yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, sembuhkanlah kami dari kejahatan jin dan pandangan mata manusia yang merusak.”

Setelah Nabi membaca doa tersebut, Al-Hasan dan Al-Husain langsung dapat berdiri dan bermain.

Nabi bersabda, “Mintalah perlindungan untuk dirimu, istrimu dan anak-anakmu dengan doa ini.” []

SUMBER: SINDONEWS | BINCANG SYARIAH

Comments are disabled.