Bruntusan adalah kondisi kulit yang kasar dan tidak rata. Bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit. Bruntusan bisa muncul pada area wajah, terutama dahi, hidung, dan dagu, serta pada area tubuh lainnya seperti punggung, leher, lengan, bahu, dan dada.

Bruntusan sebenarnya tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, benjolan kecil tersebut tentu bisa mengganggu penampilan, apalagi bila muncul di wajah. Kabar baiknya, ada banyak cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu lakukan di rumah, lho. Yuk, cari tahu di sini.

Kulit bruntusan pada wajah dapat diatasi dengan menerapkan kebiasaan merawat kulit dengan produk perawatan kulit (skincare) yang tepat. Terdapat berbagai cara menghilangkan bruntusan secara alami yang dapat anda terapkan dirumah.

Berikut ini adalah beberapa cara menangani kulit bruntusan pada wajah yang bisa Anda coba:

Rekomendasi Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami dan Mudah

1. Gunakan Masker Wajah Teh Hijau

Selama ini banyak orang yang mengonsumsi teh hijau untuk menjaga kesehatan. Tak sedikit orang mengonsumsi teh hijau untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat. Ternyata, manfaat teh hijau bukan cuma itu saja. Teh hijau juga digunakan sebagai cara menghilangkan beruntusan di wajah. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat menyembuhkan kulit wajah yang bermasalah. Kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, kulit tetap sehat.

Kamu bisa membelinya di tokopedia atau shopee dengan berbagai macam merek pilihan.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bruntusan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan gel bening yang ada di dalam lidah buaya telah diteliti dan menunjukkan hasil bahwa gel lidah buaya mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat dan bruntusan. Lidah buaya mampu mengobati lecet, ruam, kulit yang terbakar akibat sinar matahari dan melawan peradangan. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah biaya pada wajah secara rutin. Kamu juga bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai sleeping mask untuk menghilangkan bruntusan.

3. Putih Telur

egg

Bagian putih telur mengandung enzim alami yang dapat meratakan kulit. Selain itu, putih telur dapat meringankan noda dan bekas luka. Caranya, dengan mengambil sebutir telur dan pisahkan bagian putih dari bagian kuningnya. Lalu, oleskan putih telur menggunakan jari atau kuas. Tunggu dan biarkan sampai mengering. Setelah benar-benar kering, bilas dengan air dingin. Gunakan masker putih telur dua kali seminggu selama sebulan untuk hasil maksimal.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan minyak zaitun ke area yang bruntusan. Kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan produk perawatan kulit lainnya. Diamkan sejenak kurang lebih 15 detik dan bilas sampai bersih menggunakan air. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Madu dan Kayu Manis

    Madu juga bisa digunakan dengan bubuk kayu manis sebagai cara menghilangkan beruntusan. Caranya, dengan mencampurkan madu dan bubuk kayu manis. Kemudian, panaskan campuran tersebut. Setelah dingin, oleskan ke wajah. Diamkan selama kurang lebih 8 – 10 menit. Kemudian, bilas wajah sampai bersih dengan air.

    Untuk mencegah terbentuknya bruntusan, dapat dilakukan beberapa upaya sederhana seperti mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C dan E, serta menggunakan tabir surya guna mencegah efek samping dari sinar matahari. Selain itu, membersihkan kulit wajah dengan benar dapat membuat sel-sel kulit mati hilang.

    Untuk mengatasi bruntusan dan jerawat, juga dapat dilakukan dengan cara membersihkan kulit wajah dengan benar, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menjaga pola makan yang sehat. Jika bruntusan sudah bernanah, ini bisa memicu terbentuknya bekas luka yang sulit menghilang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

    No comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *