Pada kondisi yang normal, cara mengatasi kaki kesemutan dan cara mengatasi tangan kesemutan adalah tidak perlu treatment tertentu alias akan hilang sendirinya. Cara menghilangkan kesemutan di tangan secara alami lain adalah mengubah posisi tubuh.

Contohnya, jika kamu duduk bersila terlalu lama, cobalah untuk berdiri dan berjalan sebentar. Kondisi ini akan membantu kamu dari rasa kesemutan yang sedang kamu alami.

Kemudian jika kamu tanpa sadar menindih salah satu tangan saat tidur, coba kamu hilangkan kebas dengan menggoyang-goyangkan tangan. Cara ini menjadi sangat ampuh agar suplai darah di bagian tubuh yang terkena menjadi normal sehingga bisa menghilangkan sensasi kesemutan secara perlahan.

Kalau kamu suka merasa kesemutan dalam waktu yang berkepanjangan, kamu perlu menyampaikan kepada dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan memeriksa riwayat medis kamu.

Lalu, akan memeriksa fisik dan pemeriksaan penunjang terkait dengan hal yang lain untuk mengetahui penyebab utamanya. Beberapa pemeriksaan yang lazim dilakukan untuk kesemutan ini adalah tes darah, tes elektromiogram (EMG), pemeriksaan cairan serebrospinal, MRI, dan biopsi.

Setelah semuanya sudah dilakukan, maka dokter sudah bisa mengambil kesimpulan terkait dengan cara mengatasi tangan kesemutan atau cara mengatasi kaki kesemutan terhadap pasiennya tersebut.

Kalau kesemutan itu disebabkan oleh diabetes, biasanya kamu akan dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan tertentu gua mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Pada umumnya, kesemutan ini bisa dihindari dengan tidak melakukan gerakan yang bisa menekan saraf dan menerapkan beberapa gaya hidup sehat, seperti:

1. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu mencegah kesemutan dan meningkatkan kesehatan secara umum. Kesemutan bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk masalah sirkulasi darah yang buruk atau tekanan pada saraf.

2. Konsumsi obat yang diresepkan dokter secara rutin

Jika Anda mengalami kesemutan dan dokter meresepkan obat sebagai bagian dari rencana pengobatan Anda, sangat penting untuk mengikuti instruksi dokter dan mengonsumsi obat sesuai dengan dosis dan jadwal yang direkomendasikan

3. Jaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan secara umum, termasuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti kesemutan. Berat badan yang berlebih atau kekurangan dapat memengaruhi keseimbangan tubuh dan sirkulasi darah, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada timbulnya kesemutan.

4. Hentikan kebiasaan merokok

Benar, menghentikan kebiasaan merokok memiliki manfaat besar untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengurangi risiko kesemutan dan masalah kesehatan yang berkaitan. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan sistem sirkulasi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesemutan.

5. Batasi konsumsi minuman alkohol.

Sebagian besar kasus kesemutan ini biasanya bersifat sementara. Namun, kalau kamu merasakannya makin parah disertai dengan gejala lain seperti pusing, kejang otot, dan tubuh merasa lemah, kamu disarankan segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin untuk kebas dan kesemutan yang disarankan oleh beberapa dokter untuk menghindari hal tersebut terjadi kepada kamu dan keluarga. `

Itu lah tadi penjelasan kami tentang apa itu kesemutan dan beberapa cara penanganan yang bisa kamu lakukan dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Semoga kita selalu sehat dan tidak menderita sakit yang berbahaya ya.

Comments are disabled.