Dengan tema Agustus 2023 yang sudah ditentukan, mari ketahui makna yang terkandung di dalam logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 ini! 

Di Dalam logo terdapat enam komponen yang terkandung loh, tidak hanya estafet saja, mari ketahui apa saja dan penjelasannya di bawah ini!

1. Estafet 

Makna yang pertama dan yang sudah disebutkan adalah estafet agar Indonesia bisa meneruskan perjuangan hingga kedepannya. Estafet pada logo dilambangkan dengan garis padat horizontal yang menyerupai tongkat estafet. 

Di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, harapannya untuk rakyat Indonesia bisa selayaknya olahraga estafet, kolektif dan bergotong royong sehingga dengan upaya bersama Indonesia bisa maju. Masyarakat lebih bersinergi dan satu irama asa dan bangsa. 

2. Terus Melaju

Makna yang tertera pada logo yang dipilih selanjutnya adalah angka tujuh yang menjadi bagian dari tahun ke-78. Angka tujuh yang dari logo tidak hanya melambangkan berapa tahun Indonesia telah merdeka. Untuk tema Agustus 2023 ini, angka tujuh tersebut berbentuk seperti arah panah ke atas yang melambangkan gerak maju. 

Mengapa angka tujuh dibentuk seperti arah panah yang menuju ke atas? Ini sebagai harapan agar masyarakat Indonesia bisa terus bergerak maju dan progresif untuk mencapai Indonesia yang maju.

3. Pancasila

Bagi Indonesia, Pancasila sangat penting karena itulah landasan Republik Indonesia. Tentunya Pancasila tidak bisa dilewatkan dalam logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 kan? 

Angka delapan yang ada pada logo terdiri dari lima garis melengkung membentuk angka tersebut dan juga menyerupai bentuk tak hingga atau infinity

Setiap garis yang ada pada angka delapan tersebut melambangkan lima sila dalam Pancasila yang menjadi landasan dari Indonesia.  

4. Tanggung Jawab Bersama 

Perpaduan antara angka tujuh yang merupakan garis padat dan angka delapan yang terdiri dari lima garis melambangkan tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia. 

Bentuk solid yang digambarkan dalam angka tujuh melambangkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki tujuan yang sama. Hal ini dipadukan dengan bentuk angka delapan yang terdiri dari lima garis melingkar yang yang bermakna bahwa Negara Republik Indonesia itu beragam, baik dari suku, agama dan latar belakang. 

Ekspresi dan rasa tanggung jawab dipikul bersama selayaknya olahraga estafet yang kolektif dan bergotong royong agar bersama bisa menuju Indonesia maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Keberlanjutan 

Angka tujuh dan angka delapan yang ada di logo tidak terputus meskipun satu solid dan satu terdiri dari lima garis. Hal ini melambangkan keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak berhenti. Progres ini melibatkan semua elemen bangsa yang dimiliki untuk membangun negara dan bangsa yang adil makmur sentosa dan bergotong royong.

6. Globalisasi 

Angka delapan yang ada pada logo tidak hanya melambangkan berapa tahun Indonesia telah merdeka, tetapi juga merepresentasikan pola pikir global. 

Dengan pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat bisa membantu menghasilkan para pekerja unggul yang bisa bersaing di panggung dunia

Comments are disabled.