Ulang Tahun

Ulang Tahun? Seberapa Pentingkah Merayakannya untuk Anak?

pentingnya merayakan ulang tahun bagi anak

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Banyak keluarga di Indonesia menjadikan ulang tahun anak sebagai momen penting sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia anak. Namun perlukah kita sebagai orang tua untuk menyelenggarakan pesta ulang tahun untuk anak?

Menurut Fathya Artha Utami, M.Psi., Psikolog, hari ulang tahun anak adalah hari anak di mana mereka harus spesial. Entah itu dirayakan atau tidak, terpenting anak merasa spesial. Dari pernyataan tersebut kita harus mengetahui terlebih dahulu apa makna dari perayaan ulang tahun anak agar tujuan dari membuat anak merasa spesial tetap bisa terwujud. Jangan sampai saat perayaan ulang tahun, si anak justru tidak mendapatkan perhatian karena orang tua terlalu fokus pada kegiatan acara.

Apa sih manfaat merayakan ulang tahun bagi anak?

Menumbuhkan rasa percaya diri dan membuat anak merasa spesial1. Menumbuhkan rasa percaya diri dan membuat anak merasa spesial

Saat merayakan pesta ulang tahun, anak akan bertemu banyak teman, saudara atau bahkan orang tua dari temannya.  Hal ini akan menjadi sebuah pengalaman bagi anak dalam beradaptasi dengan keramaian. Pesta ulang tahun akan membuat fokus kepada sang anak sehingga pusat perhatian tertuju padanya dan disinilah anak mulai merasa spesial. Kegiatan acara yang tepat akan mendukung sang anak dalam menumbuhkan rasa percaya diri.

Mengajarkan anak berbagi dan bertanggung jawab2. Mengajarkan anak berbagi dan bertanggung jawab

Orang tua dituntut untuk dapat mengedukasi arti dari bertambahnya usia kepada anak supaya anak mengerti makna dari perayaan ulang tahun dimana ada proses berkembang dan bertambahnya tanggung jawab setiap tahunnya. Pesta ulang tahun tidak menjadi patokan dalam merayakan bertambahnya usia, bahkan sebuah ucapan tulus serta doa dan makan bersama keluarga juga menjadi perayaan ulang tahun yang sama-sama memiliki kesan yang baik. Sekali-kali ajak anak untuk merayakan ulang tahun dengan cara sosial seperti makan bersama anak yatim atau berbagi makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini akan menumbuhkan jiwa sosial anak sedikit demi sedikit.

Memberi memori terbaik pada anak3. Memberikan Memori Berkesan

Sekecil apapun perayaan ulang tahun pastinya akan memberikan kesan tersendiri kepada anak. Momen ini akan dibawa anak sampai dewasa dan membentuk pribadi anak yang baik. Tentunya kasih sayang orang tua yang paling dibutuhkan sang anak

Jadi, mau dirayakan atau tidak yang terpenting adalah berkumpul dengan orang-orang tersayang dan memahami bahwa setiap bertambahnya usia tentunya bertambah pula proses kehidupan kita.

 [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][woodmart_title align=”left” woodmart_css_id=”5d611a19c2f3f” title=”Rekomendasi Produk Ulang Tahun” woodmart_empty_space=”” title_width=”100″]

[/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][/vc_column][/vc_row]