Agama, Islam

Sahabat Muslim, Berikut Cara Menjaga Silaturahmi yang Wajib Diketahui


Sahabat Muslim, Berikut Cara Menjaga Silaturahmi yang Wajib Diketahui

SILATURAHMI adalah salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. Silaturahmi dapat kita lakukan kapan saja, namun amalan ini menjadi salah satu agenda utama saat momen hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

perlu dipahami, bahwa silaturahmi merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. Silaturahmi dapat kita lakukan kapan saja, namun amalan ini menjadi salah satu agenda utama saat momen hari raya Idul Fitri atau hari Lebaran.

Menyambung tali silaturahim merupakan salah satu kewajiban seorang Muslim, sedangkan memutusnya termasuk dosa besar. Silaturahim memiliki keutamaan yang sangat besar, selain di dunia dan juga kelak di akhirat.  Allah SWT dan Rasulullah ﷺ menjanjikan pahala yang sangat besar bagi Muslim yang bersilaturahim.

Menjalin silaturahmi dengan sesama juga menjadi salah satu sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya saat kita mau menyambung silaturahmi dan memperlakukan manusia dengan baik, berarti kita telah menjalankan perintah Allah SWT. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda,

“Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata, ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman, “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu.”

Berikut adalah cara bersilaturahmi yang baik:

Cara menjaga silaturahmi:  Saling mengunjungi dan berkomunikasi

cara menjaga silaturahmi
ilustrasi, foto: unsplash

Ini dilakukan kepada orang yang dikenal maupun yang belum dikenal. Melalui kunjungan dan komunikasi, maka hubungan kasih sayang kian terawat. Antara mereka yang telah saling kenal, ini dapat menimbulkan kehangatan. Adapun bila belum saling mengenal, sapaan dapat menciptakan hubungan silaturahmi baru. Minimal, menyapa dengan senyuman.

Cara menjaga silaturahmi: Memberikan hadiah secara tulus

Islam mendorong tiap Muslim untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari miliknya kepada sesama. Ini sebagaimana hadis Nabi ﷺ, “Tidak beriman seorang Mukmin hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” Bukti cinta tersebut antara lain ialah memberikan sesuatu yang disayanginya kepada orang lain.

BACA JUGA: Barsyukur Didekati Orang Baik

Cara menjaga silaturahmi: Saling memaafkan

cara menjaga silaturahmi
ilustrasi, foto: unsplash

Saling memaafkan adalah salah satu cara menjaga silaturahmi. Sikap ini dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ. Beliau pernah diperlakukan kasar dan bahkan diusir dari kota kelahirannya oleh orang-orang musyrikin.  Namun, saat penaklukan Makkah, Rasul SAW memaafkan mereka yang pernah menyakitinya.

Sikap memaafkan sangat dianjurkan dalam Islam. Ingatlah firman Allah SWT dalam surah al-A’raf ayat 199. Artinya, “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh.”

Memelihara silaturrahim diwujudkan pula dengan mendoakan sesama Muslim agar diberikan Allah kebaikan dan keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Inilah cara memelihara silaturrahim yang diajarkan Islam kepada umatnya yang seyogianya kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana cara menjaga silaturahmi di masa pandemi?

Cara menjaga silaturahmi di masa pandemi: Memaksimalkan komunikasi melalui media sosial

cara menjaga silaturahmi
ilustrasi, foto: unsplash

Cara menjaga silaturahmi dimasa pandemi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tali silaturahmi di masa pandemi adalah menggunakan media sosial yang kamu miliki untuk berkomunikasi dengan kerabat serta sahabat.

Mengingat bahwa sulit untuk bertemu secara langsung, maka media sosial bisa dijadikan alternatif yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa saling berkomunikasi. Kamu bisa sekadar menanyakan kabar, atau membicarakan suatu topik yang menarik untuk dibahas.

BACA JUGA: Sahabat yang Syahid oleh Pedang Kaum Muslimin

Cara menjaga silaturahmi di masa pandemi: Patuhi protokol jika ingin bersilaturahmi secara langsung

Berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan jika ingin bertemu secara langsung. Mengingat bahwa saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, maka kita wajib menerapkan protokol kesehatan jika ingin bertemu langsung dengan orang-orang terdekat kamu.

Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hal tersebut penting kita  lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

BACA JUGA: 10 Obat Penyakit Ghibah

Cara menjaga silaturahmi dimasa pandemi: Mengirimkan barang atau makanan melalui layanan ojek online

kita bisa mengirimkan barang atau makanan untuk orang-orang terdekat kita melalui layanan ojek online. Sama-sama kita ketahui, bahwa layanan ojek online sudah tersedia di mana saja dan tentunya sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas di tengah pandemi, seperti untuk mengirimkan barang dan membeli makanan secara online.

Nah itulah cara untuk menjaga silaturahmi agar tetap terjaga. []

SUMBER: REPUBLIKA | BRILIO

 

Sahabat Muslim, Berikut Cara Menjaga Silaturahmi yang Wajib Diketahui



Source link